Sabtu, 29 Oktober 2011

Bab 7 Adab Terhadap Masjid

Di samping memahami fungsi dan peran masjid yang sedemikian penting dan besar bagi umat islam, kita juga sangat dituntut untuk mengetahui dan merealisasi adab terhadap masjid. Ini dimaksudkan agar kita tidak salah paham dalam memfungsikan masjid dan berinteraksi di dalam masjid dari segi syariah. Sekurang-kurangnya ada tiga belas (*Namun, kita tampilka beberapa) adab muslim terhadap masjid yang harus di wujudkan.

1. Membangun masjid dengan pengorbanan yang ikhlas karena Allah SWT, ini merupakan amal yang sangat besar nilainya di sisi Allah SWT, Rasulullah SAW bersabda:
"Barang siapa membangun sebuah masjid karena mengharap ridha Allah, maka Allah akan membangun pula baginya sebuah rumah di dalam surga."(HR Bukhari dan Muslim).

2.Rajin pergi ke masjid dalam rangka memakmurkan dengan berbagai aktivitas yang positif, ini merupakan bukti keimanan seseorang dan dia akan memperoleh keutamaan yang besar,Rasulullah saw bersabda:
"Apabila kamu sekalian melihat seseorang biasa ke masjid,maka saksikanlah bahwa ia benar-benar beriman."(HR Turmudzi dari Abu Sa'id Al Khudri)

3.Menjaga kebersihan disamping telah membangunnya dengan baik, ini memang perintah dari Rasulullah SAW sebagaimana teradapat dalam haditsnya:
"Rasulullah memerintahkan membangun masjid di kampung dan membersihkan serta memberinya wangi-wangian."(HR. Ahmad, Abu Daud dan Turmudzi).

4.Pergi ke masjid dengan menggunakan pakaian yang sebaik-baiknya, yakni pakaian yang menututup aurat, baik laki-laki maupun wanita apalagi setiap kali kita memasuki masjid, yag pertama kita lakukan adalah shalat tahiyatul masjid dan shalat seseorang baru disebut sah apabila menutup aurat. Di samping itu, berpakaian yang baik juga adalah yang memenuhi standar kesopanan pada suatu masyarakat, Allah swt berfirman:
"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan." (Q.S Al A'raf (7): 31).

5.Berdo'a ketika masuk masjid, do'anya adalah:
-Bismillahi Allahumma Sholi 'ala muhammad; Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaaba rahmatik.-
"Dengan nama Allah, Ya Allah berikanlah rahmat kepada Muhammad. Ya Allah, ampunilah segala dosaku dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat-Mu."

6.Melaksanakan shalat tahiyatul masjid sebelum duduk, Rasulullah saw bersabda:
"Apabila salah seseorang diantara kamu datang ke masjid maka hendaklah ia shalat dua rekaat sebelum duduk."

(Bersambung)

Sumber:
yani, Ahmad. Panduan memakmurkan masjid, kajian praktis bagi aktivis masjid, jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di sini!

Join Seperti Mereka

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming
// -->
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More