Sabtu, 12 Mei 2012

Memetakan Fikiran (Mind Mapping)

Memetakan Fikiran (Mind Mapping)

Berfikir dan fikiran. Semua orang tentu punya fikiran dan semua orang juga bisa berfikir. Semua orang juga tahu, jika seseorang itu sedang berfikir atau memikirkan sesuatu. Kedengarannya, hal tersebut sederhana dan terkadang dianggap hanya sebuah ungkapan tanpa makna dan kadangkala terkesan main-main.


Namun, ketika seseorang atau orang yang berfikir atau sedang memikirkan sesuatu tersebut diminta untuk mengungkapkan apa yang sedang, telah dan apa yang akan difikirkannya, baru timbul sedikit persoalan. Apalagi jika diminta menceritakan dan menggambarkan apa yang ada difikiran tersebut kebentuk notasi atau tulisan (dalam knowledge management disebut dengan istilah transfer tacit knowledge ke bentuk explicit knowledge: Nonaka Takeuchi, 2006) yang teratur, mudah dimengerti dan mempunyai arti yang jelas .

Ada beberapa cara untuk mengungkapkan dan berbagi fikiran kebentuk nyata, yaitu melalui tulisan, gambar atau puisi/pantun dan musik. Cara-cara tersebut akan lebih efektif jika teknik “memetakan fikiran” telah dipahami dengan baik. Memetakan fikiran dapat dilakukan dengan menuliskan apa saja yang ada difikiran kedalam bentuk kata-kata, gambar atau simbol yang mudah dipahami. Kata-kata tersebut (sebutlah dengan “keyword) ditulis dan disusun menjadi bentuk jaringan atau rangkaian. Kemudian dari kata yang sudah ada tersebut, uraikan/turunkan lagi kedalam bagian yang lebih kecil lagi (ingat : kata berikutnya harus dan masih berhubungan dengan kata pertama). demikian seterusnya, sampai tidak ada lagi turunannya.

Cara ini akan terasa manfaatnya jika dilakukan terus menerus dan akan lebih baik lagi jika dikerjakan bersama-sama (brain storming) dan akan melatih dan membuat anda berfikir secara terstruktur dan terkendali. Dan menurut praktisi NLP (Neuro Language Programing) cara ini sesuai dengan cara kerja otak secara alami dan sehingga akan mudah mengingatnya dibanding cara lain.

Sebagai alat bantu, bisa digunakan perangkat lunak yang tersedia dipasaran (bisa di beli atau donlod di situs yang menyediakannya secara gratis). Contoh dari pemetaan fikiran (mind map) dari sebuah masalah sederhana dapat dilihat pada gambar, dan softwarenya juga bisa dilihat dan unduh di link tersebut.
Selamat berkreasi,….

contoh (courtesy:edrawsoft.com):
Example of Mind Map
Sumber: Blog Bang Ness

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di sini!

Join Seperti Mereka

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming
// -->
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More