Kamis, 03 November 2011

HATI-HATI DENGAN "HASAD" ATAU DENGKI TERHADAP ORANG LAIN

Muncul lagi postingan saya yang terbaru, dalam rangka nasehat menasehati dan berharap ada "HIKMAH" yang anda dapatkan di sini. Sebelumnya, apakah anda pernah merasa tidak senang atau dengki dengan orang lain?? mungkin ada ya, walau jarang-jarang Hhe.

Namun, buat anda yang malah jadi target atau orang yang di dengki. Banyak-banyaklah bersyukur, karena anda sedang jadi "Idola".  Senangkan? anda bertanya: "Kok bisa??", saya jawab:"Kenapa tidak? karena orang yang "DENGKI" terhadap orang lain, kebanyakkan memikirkan orang tersebut, pagi, siang dan malam. kebanyakkan memikirkan bagaimana menjatuhkan anda, yang pasti tidak enak semualah".

Sebenarnya  apa sih hasad itu? secara bahasa ya itu tadi dengki, namun menurut istilah pada umumnya bermakna tidak senang orang lain mendapat nikmat yang di berikan oleh Allah swt dan berharap nikmat itu ada pada dirinya.

Sedangkan menurut para pakar mengemukakan pengertian hasad sebagai berikut:

  1. Menurut Al-Jurjani Al-Hanafi dalam kitabnya, hasad ialah menginginkan atau mengharapkan hilangnya nikmat dari orang yang didengki (mahsud) supaya berpindah kepadanya (orang yang mendengki atau hasad).
  2. Menurut Imam al-Ghazali hasad ialah membenci nikmat Allah SWTyang ada pada diri orang lain, serta menyukai hilangnya nikmat tersebut.
  3. Menurut Sayyid Quthb dalam tafsirnya hasad ialah kerja emosional yang berhubungan dengan keinginan agar nikmat yang diberikan Allah S WT kepada seseorang dari hamba-Nya hilang dari padanya. Baik cara yang dipergunakan oleh orang yang dengki itu dengan tindakan supaya nikmat itu lenyap dari padanya atas dasar iri hati, atau cukup dengan keinginan saja. Yang jelas motif dari tindakan itu adalah kejahatan
Nah, mengapa kita harus hati-hati dengan "hasad" atau dengki dengan orang lain?? karena dalam sebuah hadits,
Rasulullah saw bersabda (terjemahannya): "Jauhilah sifat DENGKI karena sifat DENGKI dapat melahap kebaikkan sebagaimana api melahap kayu bakar." (HR AHMAD).

Masalah kebaikkan, dalam sebuah hadits di jelaskan rasulullah saw yang mana, Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Tahukah kalian siapa sebenarnya orang yang bangkrut?" Para shahabat menjawab, "Orang yang bangkrut menurut pandangan kami adalah seorang yang tidak memiliki dirham (uang) dan tidak memiliki harta benda". Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, "Orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari Kiamat membawa pahala shalat, pahala puasa dan zakatnya, (tapi ketika hidup di dunia) dia mencaci orang lain, menuduh orang lain, memakan harta orang lain (secara bathil), menumpah kan darah orang lain (secara bathil) dan dia memukul orang lain, lalu dia diadili dengan cara kebaikannya dibagi-bagikan kepada orang ini dan kepada orang itu (yang pernah dia zhalimi). Sehingga apabila seluruh pahala amal kebaikan nya telah habis, tapi masih ada orang yang menuntut kepadanya, maka dosa-dosa mereka (yang pernah dia zhalimi) ditimpakan kepadanya dan (pada akhirnya) dia dilemparkan ke dalam neraka." (HR. Ibnu Hibban, Muslim, at-Tirmidzi,dan Ahmad)

Namun, hasad itu juga di perbolehkan, mau tahu, mau tahu, makanya baca terus donk? mungkin lebih jelasnya lihat hadits di bawah:

Tidak boleh hasad kecuali dalam dua hal, yaitu (hasad kepada) orang-orang yang diberi kemampuan (membaca) al-Quran oleh Allah, lalu dia menegakkan (melaksanakan membaca) al-Quran baik diwaktu siang ataupun malam dan (hasad kepada) orang-orang yang diberi harta oleh Allah lalu dia infakkan baik diwaktu malam ataupun diwaktu siang“. (HR Muslim).


Subhanallah, fakta yang akan di berikan untuk orang yang dengki. Jadi, yuk berdoa dan bersama-sama menghindari diri dari atau menjadi orang pendengki.

"Subhanakallahumma wabihamdika asyahadualla ilahailla anta astaughfiruka wa atubu ilaik"

3 komentar:

mesti lebih sabar n jaga hati dari nafsu nih...nice share gan...

penyakit hati jauh lebih berbahaya dari penyakit jasad

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di sini!

Join Seperti Mereka

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming
// -->
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More