Jumat, 18 November 2011

Rendang Halal Menuju Internasional!

Sejak masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia popularitas rendang makin melejit. Kini rendang pun hadir dalam bentuk kemasan. Berbekal resep asli dari ranah Minang dan sertifikasi halal LPPOM MUI, rendang halal siap melenggang ke pasar halal dunia.

Sajian kari daging sapi khas Minang alias rendang akhir-akhir ini memang semakin populer. Hal itu tidak lepas sejak diumumkannya rendang yang menyandang peringkat 11 makanan terenak dunia versi CNNgo. Sebagai sajian asli Indonesia citrasa rendang Padang yang lezat memang sudah akrab di lidah. Selain banyak dijual di restoran-restoran, rendang pun sering menjadi hidangan sehari-hari di rumah.

Namun rendang yang satu ini boleh dibilang merupakan perintis rendang Padang dalam kemasan di Indonesia. Rendang Padang Restu Mande berawal dari sebuah rumah makan Padang di Bandung, yaitu Restu Mande. Meskipun restorannya sendiri sudah berdiri sejak tahun 2005, tetapi rendang Padang versi kemasan baru diperkenalkan tahun 2009 lalu. Respon positif membuat industri skala menengah ini akhirnya mendaftarkan produk rendang Padang Restu Mande ke LPPOM MUI untuk sertifikasi halal.

Akhirnya bulan Maret 2011 lalu, rendang Padang Restu Mande memperoleh pengakuan halal dari LPPOM MUI Jawa Barat. Dan beberapa bulan kemudian, rendang Padang kemasan ini hadir dalam kemasan baru yang lebih eksklusif. Meskipun dijual dalam kemasan, namun rendang Padang Restu Mande rasanya tetap istimewa karena memakai bumbu-bumbu dan rempah asli bukan instan. Hal itu terbukti dari daya tahan rendang yang bisa mencapai 6 bulan lamanya.

"Semakin baik kualitas bahan-bahan yang digunakan maka rendang akan dapat bertahan semakin lama, bahkan dapat mencapai satu tahun. Sehingga kami tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia seperti pengawet," jelas Ibu Rierie, penjual rendang Padang Restu Mande untuk wilayah Jakarta kepada detikFood.

Kemasan yang rapat terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan alumuniumn foil dan kemasan plastik transparan. Hal itu membuat kemasan sangat higenis dan bebas bakteri sehingga mempengaruhi daya tahan rendang Padang Restu Mande. Setiap kotak seberat 300gram, berisi sekitar 5-6 buah daging rendang. Untuk menikmatinya, rendang Padang kemasan ini bisa langsung dinikmati atau bisa juga dihangatkan terlebih dahulu.

Sebagai upayanya memperluas pasar sekaligus mewujudkan keinginannya untuk memperkenalkan rendang Padang baik ke Indonesia maupun luar negeri. Rendang Padang Restu Mande juga mengikuti pameran produk halal dan juga lewat individu ke berbagai negara. Misalnya saja seperti pameran di Malaysia Halal Expo dan juga pameran-pameran di dalam negeri. Selain itu, kemasan kotak rendang Padang Restu Mande pun telah ditulis dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab.

"Kalau ke luar negeri kami sudah berusaha memperkenalkannya ke Malaysia, Singapura, Jepang. Selain itu para jemaah haji atau mereka yang umroh juga banyak yang membawa bekal rendang Padang Restu Mande ini karena praktis. Awalnya sih dengan cara membuka stand di asrama Haji," terang Rierie.

Penekanan 'rendang Padang' menurut Rierie memang sengaja disebutkan. Mengutip perkataan Pak William Wongso nama rendang saja bisa saja dimiliki oleh Malaysia. Tapi kalau sudah 'rendang Padang' berarti rendang asli Indonesia yang kini jadi ikon kuliner yang diakui dunia. Rendang Padang Restu Mande khusus untuk wilayah Jakarta dijual dengan harga Rp 65.000,00 - Rp 69.000,00. Diluar Bandung untuk sementara rendang Padang kemasan ini masih dijual secara online. Ada yang tertarik mencoba?

Rendang Padang Restu Mande
Jl. Brigjen Katamso 64
Bandung
Telp Jakarta: 021-5379461/085218884068

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di sini!

Join Seperti Mereka

radio streaming shoutcast murah indonesia, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming
// -->
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More